Wednesday 25 February 2015

Upgrade dari Windows 7 atau 8? Kamu bakal suka Windows 10






Kamu pengguna Windows 8? Masih memakai Windows 7? Kalo ya, kamu bakal suka Windows 10.

Setelah lebih dari enamtahun sejak diluncurkannya Windows 7, Microsoft membuat sistem operasi PC-nya lebih intuitif dan kuat dengan memasangkannya fitur seperti layaknya di tablet dan smartphone.

Banyak dari fitur itu dimulai pada Windows 8, tapi tetapi berjalan dengan sangat baik.
Microsoft kembali ke papan gambar dengan Windows 10 untuk mengembangkan sistem operasi yang akan familiar untuk pengguna Windows 7 tapi tidak bertabrakan dengan fitur modern. (Catatan: Kamu gak gila - Microsoft melewatkan Windows 9 semuanya.)

Windows 10 punya Start Menu, persis seperti Windows 7 - hanya lebih baik.
Pada sebelah kiri kolom Start Menu, kamu bakal nemuin daftar aplikasi yang sering digunakan, folder yang sering dikunjungi dan software yang baru saja ditambahkan. Terdapat juga tombol yang  akan menampilkan seluruh aplikasimu dalam satu daftar.



Di sebelah kanan Start Menu, terdapat kisi-kisi aplikasi yang dapat kamu atur sesuai yang kamu suka. Gambar "live" akan menampilkan berita terupdate, seperti harga saham terakhir, pertunjukank yang sering kamu liat di Netflix, update dari sosmed kamu, cuaca, berita dan skor pertandingan.



Kalo kamu mau, kamu dapat menampilkan Start Menu secara layar penuh dengan mengklik tombol "expand" - seperti layaknya mempunyai layar tablet atau smartphone di desktop. Tapi, itupun kalo kamu mau. Tampilan biasanya adalah Windows dekstop.
Windows 10 menyediakan beberapa perubahan desain yang pengguna Windows 7 dapat menerimanya. Sebagai contoh, icon taskbar bercahaya di bawah ketika dibuka, tapi hanya ikon aplikasi yang saat itu digunakan yang akan betul-betul disorot. Di Windows 7, semua aplikasi yang terbuka akan disorot, sangat membingungkan. 

Ikon folder akan sedikit lebih mewah dan lebih intuitif di Windows 10, membuatnya lebih mudah untuk menampilkan isi dari folder sekilas sebelum kamu membukanya. Task manager pun lebih mudah digunakan.
Pengguna Windows 7 tidak usah takut untuk mengupgrade karena Windows 10 sudah tersedia di toko paling lambat tahun ini. Intinya nanti kamu bakal dikasih tau kalo Windows 10 sudah ada :)

Lebih baik dari Windows 8: Jadi bagaimana kalo kamu sudah mengupgrade ke Windows 8? Ini perbedaan besar yang dapat kamu lihat di Windows 10.
Windows 8 gaya tampilan tablet yang aneh memusingkan pengguna. Kamu tidak akan kesulitan menggunakan Windows 10. Windows 10 booting ke Desktop dan bakal diam disana.
Kalo kamu memiliki laptop atau tablet Windows, Microsoft memilih untuk membuat desktop Windows 10 dan aplikasinya lebih mudah disentuh dengan jari (finger friendly) untuk pengguna tablet. Hanya perlu disesuaikan sedikit untuk alat yang dijalankan.
Jadi kalo kamu mengunduh aplikasi "modern" dari Windows Store, itu bakal berjalan di window, seperti layaknya software standar Windows. Perbedaannya hanya terletak pada tombol panah diagonal antara tombol "close" dan tombol "expand" di ujung kanan atas window. Yang akan menjalankan aplikasi dalam "table mode," menjadi layar penuh. Tapi kamu dapat dengan mudah keluar dari situ dengan menggerakkan mouse ke atas layar dan klik tombolnya lagi.



Windows 8 charm bar yang tidak membantu akan digantikan dengan action center Windows 10. Disana, kamu bakal dapat pemberitahun dan mengakses pengaturan cepat, seperti kontrol cahaya layar, mode pesawat, Wi-Fi dan tombol tablet mode.



Perbedaan juga terdapat pada fitur pemilihan aplikasi Windows 8, yang membuat kamu balik ke aplikasi yang terakhir digunakan dengan menggesernya ke kiri. Itu sudah digantikan dengan tampilan yang lebih berguna menampilkan semua aplikasi yang kamu buka di satu layar. 
Pengguna layar sentuh dapat mengakses action center dengan menggesernya dari kanan, sebagaimana juga mereka bisa lihat semua palikasi yang terbuka dengan menggesernya dari kiri. Tapi, untungnya, Windows 10 meletakan keduanya di taskbar sehingga pengguna mouse dan keyboard tidak akan tiba-tiba membuka fitur itu dengan meletakan kursor terlalu jauh kekiri atau kekanan.



Fitur baru Windows 10: Windows 10 bukan saja memperbaiki kesalahan Windows 8, tapi juga terdapat fitur baru yang pengguna Windows 8 akan suka.
Fitur baru terkeren adalah Cortana, versih Siri dari Windows 10, yang ditampilkan disebelah tombol Start di taskbar.
Fitur ini akan mencapi aplikasi kamu, Windows Store, Web dan arsip kamu untuk menjawab pencarian. Ini adalah cara tercepat untuk membuka aplikasi (cukup mulai mengetik dan pencet Enter ketika aplikasi muncul). Dan seperti fungsi luar biasa dari Windows 8, Cortana dapat membantumu mengakses pengaturan tersembunyi dengan beberapa tombol keyboard, membantumu menghindari pencarian melalui pengaturan control panel.
Windows 10 juga datang dengan multiple desktop, yang sangat membantu untuk membersihkan ruang kerja berantakan. Saya telah mencoba versi preview dari Windows 10 selama beberapa minggu. Terdapat banyak hal yang tidak seperti, termasuk fakta yang kamu masih tidak dapat mengakses pengaturanmu dari aplikasi "settings". Kami akan menguak lebih dalam review yang belum dikaji nanti ketika Microsoft sudah lebih dekat meluncurkan Windows 10.

Sebagaimana diberitakan oleh CNN
Diposkan oleh Unknown

1 comment:

Tinggalkan komentar untuk mendapatkan berkah, hehehehe