Sunday 1 March 2015

Raja Dapur Tainan : Berkeliling di ibukota makanan Taiwan dalam 19 hidangan

Makanan Khas Taiwan
Kepulauan Taiwan

(CNN) Ketika ibukota Taiwan ditetapkan sebagai kota dengan warisan memasak dunia oleh UNESCO beberapa tahun kebelakang, tidak menjadi rahasia lagi banyak orang beralih ke mie. Ya, Taiwan adalah pulau dengan banyak tujuan yang terkenal, tapi banyak hidangannya diambil dari akar kota tertuanya, yaitu Tainan.

Disini, hidangan makanan tersaji dengan cepat dari warung-warung kaki lima dengan harga murah, khususnya yang menjadi raja adalah makanan laut. Tantangannya adalah menemukan rasa terbaik di kota ini dimana, transportasi umum belum tersedia dan banyak orang tua yang hanya dapat berbicara bahasa Taiwan.

Makanan Khas Taiwan 
Mie Danzai
Hidangan ini berkaitan dengan kebudayaan makanan Tainan sebagaimana Bruce Lee yang berkaitan dengan kung fu China.Hidangan ini menyajikan mie minyak dengan daging babi cincang dan udang segar dalam sedikit kaldu. Diterjemahkan sebagai “mie penjaja tiang,” hidangan ini ditemukan pada tahun 1895 oleh Hung Yutou seorang nelayan yang menjualnya di dalam ember yang dikaitkan dengan tiang bambu.

Warisan Hung ini adalah dua toko yang didirikan oleh keluarganya. Karena hal ini, Du Xiao Yue menjadi salah satu restoran terkenal di Negara ini. Sementara itu, mie Hung Yutou Danzai sering disebut sebagai makanan asli penduduk lokal. 

Udang Gulung

Makanan Khas Taiwan
Udang Gulung

Hidangan ini adalah jawaban Taiwan atas tempura Jepang, kecuali udang yang dibungkus lemak caul dan diisi dengan aroma bawang sebelum akhirnya digoreng. Penyajian paling terkenal datang dari sebuah toko bernama Chou’s Shrimp Rolls yang didirikan tahun 1965.

Puding nasi gurih / wa gui 
Wa gui adalah istilah lokal untuk puding nasi gurih, disajikan dan dibuat dalam sebuah mangkuk dicampur dengan kuning telur bebek, shiitake, daging babi dan udang. Puding ini dibuat dengan nasi susu dan dibumbui dengan saus kecap dan minyak wijen hingga hidangan ini tersaji dengan warna cokelat tua. Fu Sheng Hao’s telah memegang mahkota sebagai raja wa gui di kota ini untuk tiga dekade. Setiap mangkuknya dijual seharga satu dollar Amerika

Puding Tahu 
Puding tahu adalah sebuah bentuk variasi kelembutan dengan ramuan kedelai yang ditemukan di sekitar Asia.Diguyur kecap manis di atasnya biasanya dicampur dengan gula merah, kacang merah, kacang hijau, talas dan di musim panas ditambah dengan taburan es. Jelly kacang anping juga merupakan daya tarik tersendiri. Pembuat lainnya, Xiuan Biandan Douhua mulai membuka toko es sebelum beralih ke douhua.

Bakso Taiwan, or ba wan

Makanan Khas Taiwan

Ba wan sebuah hidangan lengket, tembus pandang, lebih disukai tekstur Q nya (istilah China untuk al dente atau kenyal). Pangsit terenak adalah sekantung daging babi, shiitake dan kecambah bambu atasnya ditaburi dengan kecap manis dan lengket. Beberapa pembuatnya lebih suka menambahkannya dengan tangkai ketumbar sebagai seninya.  

Martial God Rouyuan telah berusia empat dekade terletak di dekat candi Martial God membuat variasi fantastis dengan menarik antrian panjang para penyuka makanan.

Ikan Bandeng
Ikan bandeng merupakan bahan makanan popular di Tainan. Begitu populernya hingga distrik Anping memiliki museum tersendiri untuk menjual produk seperti es loli ikan bandeng.
“Apakah rasanya manis atau asin?” Terletak di tengah-tengah rasa asin dan manis, tidak terasa amis seperti namanya. Chih-kan Peddler’s Noodle menyajikan ikan bandeng goreng tanpa tulang dengan perasan sitrus seperti sup dengan bola-bola ikan bandeng. 

Sup cumi potage
Sup potage adalah ikan yang biasa ada di pinggi sungai Tainan dimana rasanya lebih manis dari versi lainnya di pulau ini. Walaupun tersedia dimanapun, hanya sedikit yang betul-betul ahli. Fushui Huazhi Geng menyajikan cumi dibuktus dalam pasta ikan bandeng air tawar dan tepung, kemudian direbus hingga manis, sup lengkep dengan bumbu sejumput daun ketumbar dan sari bambu halus.

Babi tumis kental di atas nasi 
Ada sedikit yang menghibur dari kotak-kotak daging gemuk, ditumis kental selama beberapa jam dan disajikan di atas nasi dengan sedikit daun ketumbar. 

Teh Susu Tepung Putih


Telur dadar oyster

Makanan Khas Taiwan



Roti Peti Mati


Nasi Babi Cepat


Mie Belut


Nasi Kalkun



Sup Bebek


Es campur delapan harta karun


Makarel Spanyol


Zong zi



Sumber : CNN
Diposkan oleh Unknown

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan komentar untuk mendapatkan berkah, hehehehe