Monday 14 September 2015

Aplikasi Irit Baterai untuk Android

Aplikasi Irit Baterai untuk Android
Aplikasi yang dibuat asal-asalan membuat daya baterai Smartphone menjadi boros

Berita Teknologi Terkini. Apakah anda mempunyai gadget Android? Zaman sekarang tentu semua orang memiliki gadget dengan Android sebagai OS-nya (OS = Operatirng System). 

Baterai boros menjadi masalah yang seringkali membuat para pemilik gadget ini kesal. Walaupun dalam keadaan sleep-mode, baterai tetap saja boros seperti sedang menjalankan banyak aplikasi. Apalagi, aplikasi yang secara terus menerus melakukan pengecekan terbaru (update), aplikasi ini memakan sekitar 30% dari daya baterai walaupun dalam keadaan tidur.

Para ahli telah mengembangkan alat untuk mematikan aplikasi-aplikasi yang terus bekerja ketika ponsel dalam keadaan sleep mode (tidur). Alat yang diberi nama "Hush" sangat bermanfaat untuk "mematikan" aplikasi-aplikasi yang terus menerus meminta updates. Hasilnya, menurut para peneliti daya baterai ponsel dapat dihemat hingga 50%. 

Guru Besar Universitas Purdue di Indiana, Y Charlie Hue yang memimpin penelitian mengatakan, bahwa aplikasi-aplikasi tertentu pada ponsel banyak memakan daya baterai dengan alasan bahwa aplikasi ini tidak akan membuat ponsel tidur setelah melakukan updates.

Ia mengatakan bahwa pada ponsel Android, aplikasi-aplikasi yang terpasang dibuat secara sembarangan dengan tidak memanfaatkan kontrol daya yang tepat untuk perangkat yang menggunakan sistem operasi Android

Tidak kurang dari 2000 unit ponsel telah diteliti oleh ia dan timnya sebelum menciptakan Hush. Ambisi dari timnya yaitu untuk menggandakan daya tahan baterai hingga dua kali lipat.


Sumber : bbc.co.uk

Diposkan oleh Unknown

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan komentar untuk mendapatkan berkah, hehehehe